SAT Test adalah – Apa itu SAT? SAT Test adalah tes standarisasi yang yang digunakan untuk mengukur sejauh mana kamu menguasai materi yang dipelajari di SMA atau setingkat untuk mendaftar kuliah S1 di Amerika. SAT Test adalah singkatan dari (Scholastic Assessment Test) yang dicipatakan oleh College Board.

Dengan kata lain, SAT Test adalah digunakan untuk menguji kesiapan siswa sebelum mengikuti perkuliahan di luar negeri. Jika IELTS dan TOEFL hanya menguji kemampuan bahasa Inggris, SAT test menguji kemampuan matematika dan bidang studi tertentu.

Saat ini SAT test tidak hanya diterima di Amerika Serikat saja, namun SAT test juga berlaku di beberapa negara lainnya. Ada 2 jenis SAT test yaitu SAT Reasoning Test dan SAT Subject Test. SAT Reasoning Test menguji kemampuan siswa dalam menulis, membaca dan matematika.

SAT Test adalah

Sedangkan SAT Subject Test mengukur kemampuan siswa bidang studi tertentu yang lebih spesifik seperti bahasa Jerman, Bahasa Spanyol, ilmu pengetahuan dan lainnya. SAT Test yang umumnya diambil oleh para siswa yang akan mendaftar kuliah di Amerika Serikat adalah SAT Reasoning Test. Namun, ada beberapa universitas tertentu yang meminta skor SAT Subject Test.

Bentuk 3 Ujian SAT Test Adalah

SAT test terbagi menjadi 3 sesi yaitu Critical Reading, Mathematics dan Writing.

• Critical Reading
Yang diperlukan dalam tes ini adalah kemampuan dalam memahami bacaan. Tes ini berfokus pada pengetahuan membaca yang pernah dipelajari di SMA dan memahami soal – soal dalam bahasa Inggris.

Pada bagian ini kamu akan diminta mengisi kata – kata atau kalimat untuk menjawab pertanyaan dari cerita pendek maupun panjang serta grafik yang terdapat dalam soal.

• Mathematics

Pada bagian ini terdapat 2 jenis tes, yang pertama kamu harus menjawab soal – soal matematika seperti aljabar, analisis data, geometri dan fungsi linear. Kamu akan diberikan daftar rumus matematika, namun kamu harus tahu rumus mana yang digunakan untuk menyelesaikan setiap soal. Bagian ini tidak boleh menggunakan kalkulator.

Sedangkan untuk bagian kedua, kamu akan diminta menjawab bagian soal yang lebih rumit. Di bagian ini kamu diperbolehkan menggunakan kalkulator.

• Writing

Bagian tes writing ini mencakup mengidentifikasi kesalahan – kesalahan dalam kalimat dan memperbaiki kalimat. Soal – soal pada bagian ini berbentuk pilihan ganda. Untuk SAT esai diujikan secara terpisah. Jika universitas yang kamu minati tidak mensyaratkan skor esai, maka kamu tidak perlu mengambilnya.

Berapakah Skor SAT?

Kisaran total skor SAT Test antara 400 hingga 1600. Sedangkan untuk SAT Test esai dinilai terpisah dengan skor berkisar 200 – 800. Agar kamu bisa mendapatkan skot SAT Test yang memuaskan, maka kamu perlu melakukan persiapan sebelumnya.

Kamu bisa melakukan persiapan dengan belajar sendiri maupun mengikuti bimbingan atau kursus khusus untuk menghadapi SAT Test. Kamu juga bisa tes percobaan SAT online untuk memperkirakan waktu dalam menjawab soal – soal SAT Test.

Waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan SAT Test berbeda – beda pada tiap orang. Hal ini tergantung pada kemampuan bahasa Inggris masing – masing orang. Jika kemampuan bahasa Inggris kamu cukup bagus maka persiapan yang kamu lakukan tidak sepanjang orang yang kemampuan bahasa Inggrisnya kurang bagus.

Jadwal SAT Test

SAT Test diadakan 6 kali dalam setahun di lokasi – lokasi yang telah ditentukan oleh College Board. Tidak semua lokasi di Indonesia menyediakan SAT Test. Jika kamu ingin mengetahui dimana saja lokasi SAT Test, cek di sini https://collegereadiness.collegeboard.org/sat/register/find-test-centers.

× How can I help you?