Belajar Bahasa Inggris Dasar dan Tips yang Perlu Diterapkan – Ketika kita baru memulai untuk belajar bahasa Inggris, tentu sebaiknya kita mempelajari hal-hal dasar yang ada dalam bahasa Inggris. Pemahaman hal dasar mengenai bahasa Inggris akan membuat kita memiliki pandangan lebih simpel mengenai bahasa Inggris, sehingga nantinya kita akan semakin termotivasi.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal pokok dalam belajar bahasa Inggris dasar yang harus kita terapkan dalam belajar supaya berkenalan dengan bahasa Inggris menjadi lebih simple.

Baca Juga :Belajar Bahasa Inggris Cepat | Berikut Cara Mudahnya

5 Prinsip Belajar Bahasa Inggris Dasar yang Perlu Diterapkan Saat Belajar

1. Ketahui Dahulu Tenses dalam Bahasa Inggris

Dalam mengucapkan sesuatu, kita harus memperhitungkan kapan peristiwa yang kita ucapkan tersebut terjadi. Nah, tenses mengatur hal tersebut.

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa tenses merupakan bentuk kata kerja dalam bahasa Inggris yang menunjukkan perihal waktu terjadinya sebuah peristiwa, bisa waktu yang lalu, terjadi saat ini, atau pun waktu yang akan tiba.

Pemahaman tentang tenses ini sangat penting, supaya kita dapat menerangkan sebuah maksud sehingga tidak keliru diterima oleh lawan bicara.

Mengenal aturan atau prinsip tenses sejak awal akan membuat kita lebih mudah dalam memahami komponen mana saja yang perlu dimasukkan ke dalam struktur gramatikal tertentu. Komponen yang perlu dimasukkan ke dalam gramatikal itu bisa kita hapalkan terlebih dahulu, sehingga menghafalkan kata akan terasa lebih efisien.

Ada 16 tenses yang perlu kamu ketahui dalam bahasa Inggris. Semua 16 tenses tersebut merupakan modifikasi dari 3 tenses dasar, yaitu present tense, past tense, dan future tense.

2. Mulai Latihan Listening

Perlu diketahui bahwa latihan listening ketika belajar Bahasa Inggris dasar bukankah jadwal khusus untuk mendengarkan teks bahasa Inggris. Melainkan, membiasakan diri untuk mendengarkan kosa kata dalam bahasa Inggris, baik yang berasal dari lagu atau pun dari percakapan di film dan teater.

Memiliki kebiasaan untuk mendengarkan bahasa Inggris akan membuat kita secara otomatis mendapatkan berbagai kosakata baru, bahkan lengkap dengan cara pengucapannya. Jika kita teliti, bahkan kita juga dapat mengenali berbagai gramatikal yang diterapkan dalam bahasa lisan tersebut.

Belajar Bahasa Inggris Dasar

3. Latihan Reading Secara Efektif

Banyak dari murid belajar akan mendahulukan latihan membaca ketimbang mendengarkan. Namun, karena kata-kata yang dibaca sangat asing, maka kecenderungan yang terjadi adalah tidak ada apa pun yang tertangkap otak kita.

Oleh sebab itu, membiasakan listening sejak dini akan sangat menentukan kemampuan reading kita. Kita akan lebih mudah membaca apabila kata tersebut sudah pernah kita dengarkan sebelumnya. Dengan kata lain, beberapa kosakata yang tidak sengaja terkenali sewaktu listening akan terulas melalui kebiasaan reading. Kebiasaan reading juga akan membuat kita menjadi lebih mudah dalam mengenali variasi gramatikal.

4. Terapkan Speaking Sedini Mungkin

Faktanya, banyak dari kita yang mempunyai sertifikat tanda kemampuan bahasa Inggris cukup baik, namun tidak terlihat cukup baik dalam kemampuan speaking. Hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh sikap percaya diri yang kurang atau pun kebiasaan belajar bahasa Inggris dasar yang terlalu tekstual.

Padahal, apabila kita melatih kemampuan speaking sejak dini, maka kemampuan berbahasa yang lain, seperti writing, juga akan terimbangi secara sendirinya. Hal tersebut terjadi karena ketika kita berbicara, sebenarnya kita mengungkapkan sebuah tulisan yang terambar di dalam benak kita. Biasakan untuk mengucapkan, bahkan sejak kata pertama yang kamu pelajari dalam bahasa Inggris.

5. Terapkan Cara Menghapal yang Efektif

Dalam belajar bahasa Inggris dasar, pada dasarnya harus kita akui bahwa menghapal kalimat minor jauh lebih mudah ketimbang menghapal kata per kata.

Misalnya, kita akan lebih cepat mengingat kalimat “I am falling in love” ketimbang kata per kata. Bahkan, tidak sedikit orang yang mengetahui arti “falling” dari kalimat tersebut dan bukan sebaliknya.

Hal itu terjadi karena kalimat mengungkapkan maksud yang lebih mudah untuk kita hapalkan, ketimbang menghapalkan kata yang hanya berisi makna dan bukan gagasan. Oleh sebab itu, sebaiknya kita menghapalkan kalimat minor, yaitu kalimat yang terdiri dari satu subyek dan satu predikat.

Itulah tadi beberapa prinsip yang harus kita lakukan dalam belajar bahasa Inggris dasar. Selain prinsip-prinsip tersebut, sangat penting bagi kita untuk menjaga kedisiplinan. Tanpa kedisiplinan, kita tidak akan mendapatkan waktu yang efektif. Untuk mendapatkan informasi lebih banyak mengenai ini, kamu bisa membuka website westwoodprep.com dengan mengklik baner di bawah ini.

× How can I help you?