Belajar Bahasa Inggris Cepat – Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa yang paling populer di dunia. Oleh sebab itu, semakin hari semakin banyak orang yang ingin mempelajarinya karena sudah menjadi kebutuhan komunikasi. Kita bisa mempelajarinya secara mandiri atau pun dengan mengikuti kelas bimbingan.

Dalam proses belajar bahasa Inggris, ada beberapa orang yang merasa kesulitan. Hal tersebut biasanya dikarenakan kedisiplinan dan langkah-langkah yang tidak efektif, sehingga belajar menjadi terasa lebih berat.

Catat, Ini 7 Prinsip Dalam Belajar Bahasa Inggris Cepat

Nah, berikut ini adalah beberapa prinsip yang harus kita catat dan lakukan untuk belajar bahasa Inggris cepat dan efektif. Baik belajar secara mandiri atau pun mengikuti kelas bimbingan, kita harus menerapkannya.

1. Menguasai kata dasar, terutama kata dasar pokok.

Semua kata sangat penting untuk diketahui. Namun, apabila keperluan kita adalah untuk komunikasi secara praktis, maka beberapa kata yang harus didahulukan untuk diketahui adalah seperti kata ganti orang, kata tunjuk, dan kata kerja.

2. Hat-hati terjebak kata dasar yang terlalu sederhana.

Ingatlah bahwa setiap kata memiliki sinonim yang dapat menerangkan arti lebih luas ketimbang kata yang sekarang kita ketahui. Oleh karena itu, kita tidak boleh terjebak hanya menggunakan kata yang itu-itu saja dalam menyampaikan sebuah maksud.

Terus kenali kata-kata yang lebih rumit atau tidak familiar, karena kata tersebut berpotensi dapat menunjuk makna yang lebih tepat seperti yang kita maksudkan.

Baca Juga : GMAT Adalah Tes Penting Untuk Masuk Manajemen Pascasarjana

3. Terjemahkan makna, bukannya kata per kata.

Kita harus memahami bahwa dalam berbahasa, tentu saja kita akan mengutamakan bahasa ibu. Apabila kita berkomunikasi dengan orang asing, maka bahasa ibu tersebut akan kita ubah sesuai yang dipahami oleh lawan bicara.

Kesalahan yang sering dilakukan mengenai hal ini adalah kebiasaan merangkai kata-kata dalam bahasa ibu, kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Akibatnya, gramatikal yang kita gunakan tidak sesuai.

Misalnya, kita terbiasa mengucapkan “Masa sih dia begitu?”, maka kita tidak bisa menerjemahkan satu per satu katanya ke dalam bahasa Inggris. Namun, cukup ringkas maknanya dan ucapkan makna tersebut dalam bahasa Inggris, misalnya menjadi “Is it true?”

Belajar Bahasa Inggris Cepat

4. Perbanyak berhubungan dengan bahasa Inggris.

Tanpa kita sadari, sebenarnya memperbanyak persentuhan dengan bahasa Inggris jauh lebih efektif dalam belajar bahasa Inggris cepat ketimbang harus membuat jadwal setiap hari.

Hal yang bisa kita lakukan adalah dengan mendengarkan lagu bahasa Inggris, menonton film berbahasa Inggris, membaca quote bahasa Inggris, dan lain sebagainya. Cara-cara tersebut akan membuat kita bisa karena terbiasa.

Kita juga dapat melatih otak untuk terbiasa berpikir menggunakan bahasa Inggris. Hal ini penting untuk dilakukan karena akan mempengaruhi kemampuan retorika kita. Misalnya, kita salah apabila terbiasa berpikir sesuatu menggunakan bahasa ibu, kemudian menerjemahkannya sesaat sebelum mengucapkannya.

Hal itu akan membuat kita memerlukan waktu beberapa detik untuk berpikir, sebelum akhirnya mengucapkannya. Oleh karena itu, biasakan langsung berpikir menggunakan bahasa Inggris sehingga bisa langsung diucapkan.

5. Pelajari dengan cara mengucapkannya.

Hal yang membuat belajar bahasa Inggris harus diulang-ulang adalah karena pertama kita belajar tertulis, kemudian mempelajarinya secara lisan. Bahkan, tidak sedikit orang yang mampu mempelajari secara tertulis, namun tidak yakin saat mengucapkannya.

Oleh karena itu, sebaiknya kita sering mengucapkan apa yang kita pelajari. Misalnya, untuk menghapal vocab, lakukanlah dengan mengucapkannya ketimbang hanya mengingat di dalam kepala. Atau dalam menerapkan gramatikal, langsung ucapkan komponen-komponennya.

6. Awali belajar dengan bidang yang khusus.

Belajar bahasa Inggris cepat dari satuan bahasa tertentu cenderung membosankan. Misalnya minggu ini kita mempelajari vocab saja, sementara minggu depan kita mempelajari grammar saja.

Akan lebih mudah jika kita belajar bahasa Inggris secara cepat berdasarkan bidang tertentu. Misalnya, kita belajar bahasa Inggris cepat dalam bidang jual beli, maka yang kita pelajari akan lengkap dari vocab hingga grammar, tetapi hanya perihal jual beli.

Belajar bahasa Inggris cepat dalam bidang tertentu akan membuat kita mempelajari satuan kebahasaan yang lengkap, namun terasa ringan karena konteks-nya lebih sempit.

7 Banyak Membaca.

Membaca adalah cara terampuh supaya kita mengetahui lebih banyak hal mengenai bahasa Inggris. Kita tidak perlu memaksakan diri untuk membaca materi-materi belajar bahasa Inggris setiap hari. Penting juga bagi kita untuk membaca hal-hal seputar kehidupan masyarakat native speaker bahasa Inggris.

Dengan begitu, kita akan mendapatkan berbagai kosa kata baru, serta mengetahui juga bagaimana dan untuk apa kata tersebut digunakan. Misalnya, kita tidak akan mendapatkan pemahaman tentang frasa “good vibes” apabila kita hanya membaca buku materi tanpa mengetahui gaya hidup para native speaker bahasa Inggris.

Itulah tadi beberapa prisip yang harus kamu lakukan dalam belajar bahasa Inggris cepat. Yang tidak kalah penting kamu terapkan adalah kedisiplinan. Tanpa disiplin, belajar apa pun akan terasa sulit dan tidak membuatkan hasil. Untuk mendapatkan lebih banyak informasi lebih banyak mengenai topik ini, kamu bisa membuka website Maxfiledreview dengan mengklik baner di bawah ini.

× How can I help you?